Mungkin Sedikit Terlambat untuk menjelaskannya
~_~

Definisi & Latar Belakangnya

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan performa sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari ( SERP = Search Engine Results Page ), sehingga akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut, baik itu website statis maupun blog.

Bagi seorang blogger, traffic atau "lalu lintas" pengunjung yang datang adalah salah satu pilar penting sebuah blog. Tingkat kepentingannya juga akan menjadi semakin tinggi jika blog tersebut digunakan sebagai media berbisnis online. Ini disebabkan karena traffic inilah calon-calon konsumen mereka. Semakin banyak traffic, peluang untuk sukses semakin terbuka lebar itulah mengapa Penguasaan SEO sangat dibutuhkan.

Pemakai internet biasanya menggunakan search engine untuk menemukan apa yang dicarinya. Kebanyakan di antara mereka kemudian hanya akan tertarik pada 10 atau 20 situs pertama pada halaman 1 dan 2 dari SERP, tanpa ada keinginan untuk melihat ribuan, ratusan ribu, atau mungkin jutaan situs yang ada di halaman berikutnya.
Jadi, jika blog kita muncul di halaman 1 hasil pencarian search engine dengan keyword yang kita incar, maka akan semakin banyak traffic yang akan datang ke blog kita. Inilah sebabnya SEO itu lahir. Search Engine Optimization or SEO memang kemudian menjadi 'mata kuliah wajib' bagi para webmaster dan blogger.

SEO : Mudah atau Susah ?

Nah.. pertanyaan yang ini susah dijawab. Karena, 'mata kuliah wajib' yang satu ini sepertinya lebih banyak dibilang susah daripada gampang :-( . Teknik yang dikembangkan juga bermacam-macam. SEO yang dianggap jitu oleh seorang blogger belum tentu dipakai oleh blogger yang lain. Satu yang jelas, SEO membutuhkan keuletan, kesabaran dan waktu untuk mendapat hasil yang kita inginkan. Hingga berbulan-bulan? Bisa jadi !

Pada dasarnya ada 2 macam SEO  :

1.  Onpage Optimization

Sesuai dengan namanya, SEO jenis ini berisi tentang teknik-teknik optimasi dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu di dalam webpage / blog itu sendiri, misalnya :
  • Pemilihan keyword yang cerdik, termasuk penggunaannya dalam frase.
  • Hanya menggunakan keyword yang diincar pada Title.
  • Menggunakan symbol «|» pada Title.
  • Penggunan Header Tag.
  • Kerapatan keyword yang cukup pada content, dan bukan keyword spamming.
  • Penempatan keyword pada awal dan akhir webpage.
  • Penggunaan Alt Tag yang tepat pada image.

2.  Off Page Optimization

Offpage optimization pada dasarnya terdiri dari faktor-faktor yang tidak terdapat pada halaman website / blog kita, tapi digunakan dalam algoritma search engine ketika menentukan ranking sebuah situs. Menurut Brad Callen dari Bryxen Software, faktor-faktor ini misalnya :
  • Jenis-jenis situs yang memberi link ke kita.
  • Jumlah situs yang memberi link ke kita.
  • Page Rank situs yang memberi link.
  • Anchor text yang digunakan pada link.
  • Jumlah dan tipe situs yang me-link ke situs yang me-link ke situs kita tadi.

Perkembangan SEO

Sekarang ini, jutaan situs 'perang online' di jagad internet untuk jadi nomor wahid di mata search engine. Tentu sulit memenangkan pertarungan ini. Beberapa webmaster / blogger menerapkan teknik-teknik SEO yang natural dan halal di mata search engine. Teknik yang ini sering dikenal dengan White Hat SEO. Lawannya.. ya Black Hat SEO. Teknik Black Hat SEO biasanya beresiko. Situs yang bersangkutan bisa di-banned oleh search engine.

Pada sisi yang lain, si search engine menggunakan faktor yang semakin kompleks dan selalu memperbaiki algoritma untuk meningkatkan kualitas SERP mereka. Algoritma yang dipakai search engine pun tidaklah sama. Ini sebabnya, SERP setiap search engine bisa berbeda-beda untuk keyword yang sama. Repot ya?! Kesimpulannya, kita harus selalu belajar banyak tentang SEO.

Maksudnya!
SEO : Menaklukan Ratusan Aspek Algoritma Google
Google adalah situs yang paling sering diakses oleh seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Data yang dikemukakan oleh Alexa Rank – sebuah situs pencatat statistik trafik website – menunjukkan Google menempati urutan pertama daftar situs yang paling sering dikunjungi, masih lebih tinggi dari Facebook – sebagai jejaring sosial nomor 1 di dunia.
Ya, google adalah sebuah mesin pintar, yang akan membantu anda menemukan apa saja yang anda cari di internet. Anda cukup mengetikan apa yang sedang ingin anda cari, lalu google akan mendisplay daftar situs-situs yang “relevan” dengan target pencarian anda. Daftar website yang ditampilkan google bisa berjumlah ratusan bahkan miliaran, dipajang berurutan dari nomor 1 hingga terus ke belakang.

Pertanyaannya : atas dasar apa google melakukan pengurutan daftar website yang dihasilkan berdasarkan pencarian kata kunci yang diinput oleh seseorang? Kenapa kok ada website yang ditaruh paling atas, ada yang nomor 2 atau malah ada yang jauh di halaman belakang?

Google sudah membuat semacam aturan main – yang sering disebut sebagai algoritma – untuk melakukan perankingan. Ada ratusan parameter yang dijadikan pertimbangan oleh Google untuk memutuskan situs mana yang harus ditempatkan lebih tinggi, mana yang harus dilempar ke halaman belakang. Secara mudah anggaplah masing-masing website dibuat scoring oleh google, mana yang score-nya paling tinggi, dialah yang paling pantas ada di atas, dan seterusnya. Tepat di titik itulah SEO berperan.

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Yaitu usaha mengoptimalkan berbagai aspek dari sebuah website agar “sesuai” dengan aturan main (algoritma) search engine (terutama Google).

(Paragraf berikut ini bisa anda loncati, jika anda merasa mulai pusing dengan berbagai bahasa teknis yang terpaksa tersebut)

Dari ratusan aspek yang dipertimbangkan Google, bisa digolongkan menjadi dua bagian : SEO onpage dan SEO offpage. Onpage adalah SEO yang berkaitan pada struktur website. Disebut juga sebagai SEO internal, yaitu membangun dan memodifikasi peng-kode-an sebuah website agar sesuai dengan Guidelines yang dikeluarkan Google. Sedangkan SEO offpage – disebut juga SEO eksternal – yaitu sebuah usaha meningkatkan skor popularitas sebuah website. Nilai popularitas sebuah website dihitung berdasarkan kuantitas dan kualitas tautan (link) yang terbuat dan mengarah ke situs tersebut. Google akan menganggap sebuah situs semakin kredibel dan baik (sehingga perlu diletakkan di posisi atas) jika website tersebut “populer”. Semakin banyak website yang mencantumkan link menuju website anda, maka nilai popularitas web tersebut semakin tinggi. Semakin baik dan bonafid sebuah situs yang mencantumkan link menuju website anda, juga akan sangat mempengaruhi faktor popularitas tersebut.

Sekian
Kurang Lebihnya Mohon Maaf dan Semoga Bermanfaat
~_~

Arti kata Sama,San,Sensei,Senpai,Kohai,Nii, dan Nee / Kata Honorifik Jepang

Buat yang belum tahu ~_~
1.Sama: Panggilan hormat untuk orang yang “Lebih Tua, seperti Bapak / Ibu dalam bahasa Indonesia dan bisa juga untuk bawahan ke atasan, dsb. Ex: Meruem-Sama.  
2.San:  Maknanya mirip dengan “Samayg digunakan untuk manggil (bisa cewekk bisa cowok) yang lebih tua/sepantaran tapi tidak terlalu akrab. Ex: B-san
3.Sensei: Panggilan hormat untuk “Guru di Jepang” kalian. Ex: Guy-Sensei.   

4.Senpai: Panggilan hormat ditujukan pada "
Senior". Ex: Luffy-Senpai.  

5.Kohai: Panggilan hormat ditujukan pada "
Junior". Ex: E-Kohai.   

6.Nii: Panggilan hormat untuk “
Kakak Laki-laki. Ex: Hikki-Nii.   

7.Nee: Panggilan hormat untuk “
Kakak Perempuan. Ex: Sakura-Nee.
C: Bila ada kesalahan informasi pada posting ini. Mohon Ma'af! Cocokkan dengan sumber lain!
Bonus: Klik di sini
Sekian
Semoga Bermanfaat
 ~_~

Statistics

Copyright © 2015 - Alphaz 19 - All Rights Reserved | Partner: Izone 9 and Anime Gatez