Mineral Terkandung Di Makanan

Diketik: Minggu, 21 Februari 2016 | Artikel Lainnya:
Mineral

1.Zat Kalsium (Ca)
Jenis mineral penting bagi tubuh kita. Mineral ini sering dikaitkan dengan kesehatan tulang karena susunan tulang terdiri dari kalsium. 
Fungsi zat kalsium: membantu meningkatkan kesehatan tulang, membantu interaksi gizi, meningkatkan fungi otot dan menjaga kesehatan hati.
Makanan sumber zat kalsium: Susu, keju, kerang, kepiting dan yoghurt. dll.


2.Zat besi (Fe)
Zat besi adalah bagian integral dari molekul hemoglobin yang ditemukan pada pusat sel darah merah. Zat besi secara umum di dapat dari makanan yang kita konsumsi berupa buah daging dan sayur. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan anemia, kelahiran prematur, rambut mudah rontok dan resiko stres. 
Fungsi zat besi: pembentukan hemoglobin, meningkatkan fungsi otak, mengatur suhu tubuh dan mencegah anemia.
Makanan sumber zat besi: Daging merah, ikan, hati sapi, buah kering dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. dll.
 
3.Zat Fosfor (P)
Fosfor adalah mineral penting yang ditemukan dalam tulang manusia. Fosfor menempati urutan kedua sebagai mineral paling banyak ditemukan di dalam tubuh manusia. Jenis mineral ini juga merupakan unsur paling penting kedua untuk menjaga kesehatan tulang setelah kalsium.
Fungsi zat fosfor: Menjaga kesehatan tulang, ektraksi energi, reaksi kimia dalam tubuh, perbaikan sel serta membantu formasi protein.
Makanan sumber zat fosfor: Agung, bawang putih, brokoli dan kacang almond. dll.

4.Zat Natrium (Na) dan Klorin (Cl)
Gabungan unsur natrium dan klorin membentuk senyawa yang dikenal sebagai garam dapur (NaCl). Di dalam tubuh, natrium berfungsi mengatur denyut jantung dan membantu proses perambatan impuls saraf. Natrium bersama-sama klorin 
Fungsi zat Natrium (Na) dan Klorin (Cl): Memelihara keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, klorin di dalam lambung merupakan komponen penyusun asam lambung atau asam klorida (HCI). 
Makanan sumber zat Natrium (Na) dan Klorin (Cl): Garam, keju dan sayuran hijau

5.Zat Seng (Zn)
Seng mungkin merupakan jenis mineral yang kurang akrab ditelinga kita dibandingkan dengan zat besi atau kalsium. Sama halnya dengan selenium mineral ini memang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil saja. mekipun demikian seng memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Fungsi zat seng:  Mencegah infeksi saluran pernapasan, menghambat pertumbuhan diare akut pada anak-anak dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
Makanan sumber zat seng: Udang, biji labu, daging sapi dan daging kalkun. dll.

6.Zat Selenium (Se)
Selenium adalah salah satu dari banyak mineral yang ditemukan dalam makanan. Mineral ini memainkan banyak peran penting di dalm tubuh kita, meskipun kebutuhan tubuh akan mineral yang satu ini relatif rendah Selenium tergabung dalam sebuah kelompok kecil protein penting, yang masing-masing memainkan peran penting dalam kesehatan kita.
Fungsi zat selenium: Antioksidan, mencegah penyakit kanker, anti-inflamasi dan mencegah degenerasi makula.
Makanan sumber zat selenium: Ikan tuna, salmon, sarden, daging ayam, daging sapi dan kalkun. dll.

7.Zat Kalium (K)
Kalium adalah jenis mineral yang sangat penting untuk mengatur ketepatan fungsi semua sel, jaringan, dan organ dalam tubuh manusia. Kalium juga membantu interaksi mineral lain seperti  natrium, klorida, kalsium, dan magnesium.
Fungsi zat kalium: Meningkatkan fungsi otak, menjaga irama jantung, meningkatkan fungsi sistem saraf dan menjaga kesehatan ginjal.
Makanan sumber zat kalium: Buah alpukat, sayur bayam, kentang dan kedelai. dll.

8.Magnesium (Mg)
Magnesium adalah jenis mineral yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh kita. Para peneliti memperkirakan bahwa tubuh kita rata-rata mengandung sekitar 25 gram magnesium, dan sekitar setengah dari magnesium ditemukan di tulang. Magnesium penting untuk membantu lebih dari 300 reaksi kimia sehingga membuat tubuh bekerja dengan baik.
Fungsi zat magnesium: Membantu mengontrol gula darah, meningkatkan pengendalian peradangan, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan HDL(kolesterol jahat).Makanan sumber zat magnesium: Biji labu, sayur bayam, biji bunga matahari dan kedelai. dll.

9.Mangan (Mn)
Mangan merupakan bagian dari banyak enzim. Mineral ini juga tidak begitu populer dan jarang orang berfikir untuk memenuhi mineral yang satu ini, padahal fungsinya di dalam tubuh cukup banyak.
Fungsi zat mangan: metabolistme tubuh, mengatur kadar gula darah, mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem saraf.
Makanan sumber zat mangan: Kedelai, buah nanas, biji labu, gandum dan sayur bayam.

10.Tembaga (Cu)
Tembaga merupakan salah satu jenis mineral penting yang hadir di semua jaringan tubuh. Bersama dengan besi tembaga merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.Fungsi zat tembaga: Kesehatan tulang, pembentukan sel darah merah, membantu fungsi otot, sistem kekebalan dan saraf.
Makanan sumber zat tembaga: Jamur, biji bunga matahari dan kedelai.

Sumber: 1 , 2 dan 3
Sekian
Semoga Bermanfaat
~_~


Respons to " Mineral Terkandung Di Makanan "

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Baik & Sopan

Statistics

Copyright © 2015 - Alphaz 19 - All Rights Reserved | Partner: Izone 9 and Anime Gatez