Perbedaan RAM DDR1,DDR2 dan DDR3

Diketik: Rabu, 24 September 2014 | Artikel Lainnya:

Perkembengan memunculkan perubahan2 yang menarik terutama dalam dunia teknologi. Salah satunya pada RAM komputer. Dulu sebelum tahun 2002 masih banyak kita temui komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate atau yang di sebut (SDR) SDRAM. seiring dengan kemajuan zaman dan kecepatan akses yang di harapkan kini penggunaannya mulai berganti dengan Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM. begitu juga dengan DDR2 serta DDR3.

Perbedaan secara teknis / kecepatan (clock speed)
DDR1 200 atau PC-1600 bisa mencapai 100MHz
DDR2 400 atau PC-3200 bisa mencapai 200MHz
DDR3 bisa mencapai 2133MHz pada kecepatan Maximal

Pedoman Memilih RAM Yang Tepat
Hal berikut ini dapat dijadikan sebagai pedoman singkat/praktis dalam memilih RAM yang tepat bagi suatu motherboard. Sesungguhnyalah, memilih modul RAM adalah bagian paling sulit dalam membangun suatu sistem komputer yang kinerjanya prima.
  • Cari tahu berapa FSB yang bisa di-support oleh slot-RAM motherboard, baca manual board ybs.
  • Perhatikan label spesifikasi modul RAM tentang Data-rate nya, yaitu angka dibelakang huruf DDR1, contohnya, DDR2-800, DDR3-1600 dll.
  • Kemudian angka 800(MHz) dibagi 2 =400 (MHz). Angka 400 MHz ini harus didukung oleh FSB dari slot RAM. Bisa dibaca dari Manual-book mainboard ybs.
  • Untuk "user-serius" masih harus memeriksa BIOS untuk melihat berapa Range Timing yang di-support. Selanjutnya mesti memilih RAM (DDR) yang memiliki angka-angka Timing yang didukung oleh BIOS tsb. Dan setelah modul RAM terpasang, harus men-setting Timing di dalam BIOS agar sesuai dengan RAM-nya.
  • Kalau perlu bawa contoh RAMnya!
  • Bawa teman yang mengerti tentang RAMnya saat mau beli!
Memang tampak rumit, tapi mau bagaimana lagi ? Sebab percuma saja membayar mahal untuk board dan processor high-end, tetapi RAM nya salah spec, atau salah setting.

Nb: Bila ada informasi yang salah Mohon Ma'af dan diambil dari berbagai sumber!

Sekian
Semoga Bermanfa'at
~_~


Respons to " Perbedaan RAM DDR1,DDR2 dan DDR3 "

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Baik & Sopan

Statistics

Copyright © 2015 - Alphaz 19 - All Rights Reserved | Partner: Izone 9 and Anime Gatez