Michael Faraday - Penemu Dinamo & Kelistrikan

Diketik: Selasa, 23 September 2014 | Artikel Lainnya:

Michael Faraday lahir tahun 1791 di Newington, Inggris. Berasal-usul dari keluarga tak punya. Di usia empat belas tahun dia magang jadi tukang jilid dan jual buku, dan kesempatan inilah yang digunakannya banyak membaca buku seperti orang kesetanan. Tatkala umurnya menginjak dua puluh tahun, dia mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris yang bernama Sir Humphry Davy. Faraday terpesona dan kagum. Ditulisnya surat kepada Davy dan singkat cerita dia diterima Davy sebagai asistennya. Hanya dalam tempo beberapa tahun, Faraday sudah bisa membuat penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya sendiri. Meski dia tidak punya latar belakang yang memadai di bidang matematika, tapi selaku ahli ilmu alam dia sulit dikalahkan.

Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat bergerk jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Ini membuat Faraday berkesimpulan, jika magnet didekatkan, yang bergerak justru kawatnya. Atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.
Sebenarnya dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Penemuan Faraday ini merupakan “nenek moyang” dari semua motor listrik (dinamo) yang digunakan di dunia sampai saat ini.

Faraday bukan cuma cerdas tetapi juga tampan dan bisa berceramah. Dia adalah orang yang sederhana, tidak butuh kemasyhuran, uang dan pujian.Bahkan Dia menolak diberi gelar kebangsawanan dan juga menolak jadi Ketua British Royal Society. Hidup perkawinannya panjang dan berbahagia, tapi Dia tak punya anak. Dia tutup usia tahun 1867 di dekat kota London.

Michael Faraday (1791 - 1867)

Diambil dari:
Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah oleh Michael H. Hart, 1978

Nb:
Bila ada kesalahan informasi mohon ma'af!

Sekian
Semoga Bermanfaat
~_~


Respons to " Michael Faraday - Penemu Dinamo & Kelistrikan "

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Baik & Sopan

Statistics

Copyright © 2015 - Alphaz 19 - All Rights Reserved | Partner: Izone 9 and Anime Gatez