Anjuran Berdoa dalam Islam

Diketik: Jumat, 10 April 2015 | Artikel Lainnya:
Replika Cincin Nabi Muhammad SAW

Ayat Al-Qur’an serta Hadits Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan umat Islam untuk selalu berdoa dan memohon kepada-Nya. Di antaranya disebutkan dalam Al-Quran:
“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan untukmu.” (QS.Ghafir 60)

Dalam ayat yang lain Allah SWT menyatakan:
“Wahai Muhammad jika hambaku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku sangat dekat. Aku akan menjawab permohonan mereka apabila mereka berdoa kepada-Ku.” (QS.Al-Baqarah 186)

Dua ayat ini memerintahkan umat Islam untuk berdoa kepada Allah SWT. juga terdapat janji Allah SWT untuk mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan kepada-Nya. Hanya saja cara Allah SWT mengabulkan doa hambanya berbeda-beda. Ada yang permohonannya langsung dikabulkan di dunia, ada pula yang akan terwujud di akhirat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:
“Dari Abi Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Setiap orang yang berdoa kepada Allah SWT pasti akan dikabulkan-Nya. Adakalanya permohonan itu langsung dibalas di dunia, adakala diberikan kelak di akhirat dan kadang kala dosanya diampuni sesuai dengan doa yang ia panjatkan. (Yang demikian) selama itu tidak berdoa dengan perbuatan dosa, memutus silaturahmi, atau tergesa-gesa ingin dikabulkan seraya berkata, “Saya telah berdoa kepada Tuhanku tapi Ia tidak mengabulkan permintaanku.” (HR.Tirmidzi)

Kalau melihat Ayat Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW di atas kita dianjurkan untuk berdoa, itu artinya bahwa doa yang dipanjatkan bukan perbuatan sia-sia, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar. asal dilakukan dengan tulus ikhlas dan penuh kerendahan hati, Allah SWT pasti akan menjawab semua doa hamba-Nya. Tentu sangat mustahil jika Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan sesuatu yang tidak ada gunanya.

Catatan: Bila ada kesalahan di informasi ini Mohon Ma'af!

Sekian
Semoga Bermanfaat
~_~


Respons to " Anjuran Berdoa dalam Islam "

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Baik & Sopan

Statistics

Copyright © 2015 - Alphaz 19 - All Rights Reserved | Partner: Izone 9 and Anime Gatez